Alasan Mengapa Xiaomi Bisa Dijual Dengan Harga Murah

Produk Xiaomi dikenal sering menelurkan produk-produk smartphone berharga murah. Spesifikasi yang diberikan kerap setara atau lebih tinggi dibanding pesaing sekelas, tapi dibanderolnya dengan harga yang lebih miring.

Pic : Smartphone Xiaomi

Begitu juga dengan handphone pintar flagship Xiaomi, seperti Mi Mix 2 yang dibanderol 500 Euro di pasaran Eropa, hanya setengah dari harga Galaxy Note 8 Produk Samsung atau iPhone X Produk Apple yang setanding.

Bagaimana bisa? Rahasianya mungkin terletak di model bisnis Xiaomi di China yang berbeda dari praktiknya di wilayah pasar lain.

Smartphone Xiaomi menjalankan OS Android yang dilapis antarmuka ala Xiaomi, MIUI. Di China, MIUI ini banyak dijejali iklan yang muncul di berbagai tempat di dalam antarmuka, bukan hanya di lockscreen.

Bagi pengguna ponsel Xiaomi di China, iklan adalah “fitur” yang sengaja dibenamkan sebagai bagian dari ponsel.

Saking banyaknya promosi yang muncul lewat MIUI, sebagian pengguna di China memplesetkan nama antarmuka tersebut menjadi AdUI, kependekan dari advertisement UI.

CEO Xiaomi Lei Jun pernah menjawab kritik soal penyaluran iklan lewat ponsel-ponsel Xiaomi di China yang dinilai mengganggu dan berjanji bakal mengurangi penampakan iklan.

Lucunya, ponsel Xiaomi yang dipasarkan di luar China, salah satunya Indonesia, tidak menampilkan iklan AdUI tersebut. Hal menyebalkan tersebut sekarang hanya merecoki para pengguna di Negeri Tirai Bambu.

W gans banget gan, thank you.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »